Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » BERITA TERKINI » Pancasila dan filsafat….!!!

Pancasila dan filsafat….!!!

(94 Views) Maret 18, 2012 2:11 am | Published by | No comment
Pancasila sebagai suatu sistem filsafat pada hakikatnya merupakan suatu nilai sehingga merupakan sumber dari segala penjabaran norma baik, norma hukum, norma moral maupun norma kenegaraan lainnya. Dalam filsafat pancasila terkandung di dalamnya suatu pemikiran-pemikiran yang bersifat kritis, mendasar, rasional, sistematis dan konfrehensif (menyeluruh) dan system pemikiran ini merupakan suatu nilai. Oleh Karena itu suatu pemikiran filsafat tidak secara langsung menyajikan norma-norma yang merupakan pedoman dalam suatu tindakan atau aspek praktis melainkan suatu nilai-nilai yang bersifat mendasar.
Sebagai suatu nilai, pancasila memberikan dasar-dasar yang bersifat fundamental dan universal bagi manusia dalam hidup bermaasyarakat, berbangsa dan bernegara. Adapun manakala nilai-nilai akan di jabarkan dalam kehidupan yang bersifat praktis atau kehdupan nyata dalam masyarakat, bangsa maupun Negara maka nilai-nilai tersebut kemudian di jabarkan dalam suatu norma-norma yang jelas sehingga merupakan suatu pedoman. Norma-norma tersebut meliputi (1) norma moral yaitu yang berkaitan dengan tingkah laku manusia yang dapat di ukur dari sudut baik maupun buruk. (2) norma hukum yaitu sutu system peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Dalam pengertian inilah maka pancasila berkedudukan sebagai sumber dari segala hukum di Negara Indonesia. Atas dasar inilah maka nilai-nilai pancasila sebenarnya berasal dari bangsa Indonesia sendiri atau dengan lain perkataan bangsa Indonesia sebagai asal-mula materi (kausa materialitas) nilai-nilai pancasila.
Jadi sila-sila pancasila pada haikatnya bukanlah marupakan suatu pedoman yang langsung bersifat  normative ataupun praktis melainkan merupakan suatu system nilai-nilai etika yang  merupakan sumber norma baik meliputi norma moral maupun norma hukum, yang pada giliranya harus di jabarkan lebih lanjut dalam norma-norma etika, moral maupun norma hukum dalam kehidupan kenegaraan maupun kebangsaan.

Categorised in: ,

No comment for Pancasila dan filsafat….!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *