Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » TIPS - TIPS » Tips Meyelesaikan Masalah Dalam Berorganisasi

Tips Meyelesaikan Masalah Dalam Berorganisasi

(88 Views) Oktober 29, 2012 1:35 am | Published by | No comment

Secara umum dalam kita berkehidupan sosial, pasti ada masalah yang menghampiri. Tetapi ingat selalu bahwa “setiap ada awal pasti ada akhir, setiap masalah pasti ada solusi jangan pernah menyerah, percaya diri maka bahagia menanti. Dalam menyelesaikan masalah maka saya sarankan untuk melakukan tahapan-tahapan, yaitu: analisis, sintesis, diagnosis, prognosis, treatment, dan Follow-up.

1. Analisis: merupakan langkah awal menyelesaikan masalah, mengumpulkan informasi tentang masalah dan latar nya. tujuannya adalah memperoleh pemahaman tentang apa yang dihadapi. Williamson, mengemukakan 6 alat dalam mengumpulkan data: catatan komulatif, wawancara, format distribusi waktu, otobiografi, catatan anekdot, dan tes psikologis.

2. Sintesis: merupakan usaha merangkum, menggolong-golongkan serta menghubung-hubungkan data yang telah dikumpulkan sehingga tergambarkan seluruh permasalahan, atau singkatnya seperti main map.

3. Diagnosis: merupakan langkah menarik kesimpulan logis mengenai masalah-masalah yang dihadapi, atas hasil analisis dan sintesis. Pada tahap ini lakukan tiga hal, yaitu: indentifikasi masalah, merumuskan sumber-sumber penyebab, dan prognosis (memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi berdasarkan data yang ada).

4. Prognosis: sama dengan yang ada dalam Diagnosis.

5. Treatment: Pengembangan alternatif pemecahan masalah, pengujian alternatif, dan pengambilan keputusan.

6. Follow Up (tindak lanjut): tindak lanjut dari alternatif atau solusi yang telah direncanakan. Intinya ketika ada masalah jangan cepat berputus asa, dan mengeluh. banyak jalan kok!!! Sekian, semoga bermanfaat.

Categorised in:

No comment for Tips Meyelesaikan Masalah Dalam Berorganisasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *