Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » NASIONAL » Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

(88 Views) Desember 10, 2012 9:30 am | Published by | No comment
Selamat sore sobat blogger, kali ini saya sedikit curhat dulu sebelum saya nulis artikel, tadi siang saya ketemu satu orang mahasiswa yang bertanya mengenai masalah kewarganegaraan, apa bedanya negara dan bangsa, saya jawab saja sesuai yang saya ketahui, terus dia nanya apa saja nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, saya tanya balik coba hafalkan pancasila, ehh mala dia cengengesan dan Ternyata dia tidak hafal Pancasila. Miris hati melihat ada orang yang tidak hafal pancasila, dimana rasa cinta terhadap negara Indonesia ini kalau pancasila pun tidak hafal.
Baik lah saya rasa di sinilah peran Mata kuliah pendidikan Kewarganegaraan bagi Mahasiswa sangat penting untuk di ajarkan, karena Pendidikan Kewarganegaraan merupakan proses dimana seseorang dapat mengahargai, menjaga dan merasa bangga terhadap negaranya. Sesungguhnya mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan seharusnya menjadi hal yang lebih utama di banding dengan pendidikan yang lainnya. Pendidikan Kewarganegaraan inilaj yang mengajarkan bagaimana seseorang menjadi warga Negara yang lebih bertanggung jawab. Karena Kewarganegaraan itu tidak dapat diwariskan begitu saja melainkan harus dipelajari dan di alami oleh masing-masing orang. Apalagi Negara kita sedang menuju menjadi Negara yang demokratis, maka secara tidak langsung warga negaranya harus lebih aktif dan partisipatif. Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa harus mempelajarinya, agar kita bisa menjadi yang terdepan dalam melindungi Negara.
Pendidikan Kewarganegaraan juga mengajarkan bagaimana kita itu tidak hanya tunduk dan patuh terhadap Negara, tetapi juga mengajarkan bagaimana kita itu harus toleran dan mandiri. Pendidikan ini membuat setiap generasi baru memiliki ilmu pengetahuan, pengembangan keahlian, dan juga pengembangan karakter public. Pengembangan komunikasi dengan lingkungan yang lebih luas juga tercakup dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Meskipun pengembangan tersebut bisa di pelajari tanpa menempuh Pendidikan Kewarganegaraan, akan tetapi lebih baik lagi jika Pendidikan ini di manfaatkan untuk pengembangan diri seluas-luasnya.
Sebagai mahasiswa yang mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan akan menjadi tahu berul manfaatnya. Salah satunya adalah menjadi seseorang yang memiliki rasa kewarganegaraan yang tinggi. Hal ini tidak hanya mengenai bagaimana rasa bangga mejadi warga Negara dari sebuah Negara, akan tetapi juga mengetahui bagaimana hak dan kewajiban dari seorang warga Negara.
Categorised in: , ,

No comment for Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *