Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » INFO UNIK » Hutang-piutang dan Jum’at Berkah

Hutang-piutang dan Jum’at Berkah

(105 Views) Februari 20, 2014 11:50 pm | Published by | 2 Comments
Kebiasaan abnormal saya saat bangun tidur adalah mencari dimana Smartphone saya, hal pertama yang dilakuin selalu adalah ngecek BBM, kemudian Timeline Twitter. Alhasil ada dua hal yang menjadi trending topic bagi saya di jum’at kali ini, pertama ada 2 pesan BBM yang keduanya adalah intinya minjam uang, kedua selamat pagi di jum’at yang pernuh berkah.
Dari dua keadaan ini bagi saya ibarat mendengarkan ceramah di suatu pengajian, hal ini disebabkan dari 2 keadaan diatas itu menunjukkan dan disimpulkan yaitu ada keharusan untuk kita membantu sesama untuk mencari berkah dan ridho Allah SWT.
Hal pertama yaitu saya mendapatkan 2 pesan BBM yang pada intinya adalah ingin meminjam uang dengan saya atau yang lebih akrab disebut dengan berhutang. Hutang piutang pada asalnya diperbolehkan dalam syariat Islam. Bahkan orang yang memberikan hutang atau pinjaman kepada orang lain yang sangat membutuhkan adalah hal yang disukai dan dianjurkan, karena di dalamnya terdapat pahala yang besar. Adapun dalil-dalil yang menunjukkan disyariatkannya hutang piutang ialah sebagaimana berikut ini:
Dalil dari Al-Qur’an adalah firman Allah I: “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah: 245)
Adapun hukum berhutang itu adalah diperbolehkan karena bukan perbuatan yang dicela. Namun meskipun berhutang atau meminta pinjaman itu diperbolehkan dalam syariat Islam, hanya saja Islam menyuruh umatnya agar menghindari hutang semaksimal mungkin jika dia mampu saja bertahan tanpa berhutang kenapa harus berhutang. Karena hutang, menurut Rasulullah, merupakan penyebab kesedihan di malam hari dan kehinaan di siang hari. Hutang juga dapat membahayakan akhlaq, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Sesungguhnya seseorang apabila berhutang, maka dia sering berkata lantas berdusta, dan berjanji lantas memungkiri.” (HR. Bukhari).
Hal kedua yaitu Jum’at yang berkah, hari jum’at adalah hari nya umat muslim kata orang-orang terdahulu saya kurang tau juga kenapa bisa dikatakan seperti itu. Yang jelas saya percaya dengan adanya suatu keberkahan disetiap hari yang saya jalani, umat muslim selalu dituntut mencari berkah dan ridho Allah SWT dengan melakukan perbuatan yang disuruh (baik). Perbuatan baik ini bermacam-macam, misalkan saja memberi utang tadi bisa dikatakan perbuatan yang baik dan mendapat berkah dari Allah SWT tapi juga bisa itu perbuatan yang tidak menghasilkan apa-apa berkah nihil dan uang tidak kembali.
Orang yang memberi hutang harus ekstra hati-hati karena besar kemungkinan orang yang diberi hutang tidak membayar hutang tersebut, kemudian kita jengkel karena tidak dibayar dan ridho Allah tidak ada sama sekali karena kita tidak ikhlas lagi dalam membantu sesama.
Oleh karenanya adab dalam hutang piutang Islam memberikan arahan supaya ada saksi dan perjanjian yang jelas (tertulis) dalam hal pembayaran, supaya menghindari kemungkinan terburuknya.
Mungkin inilah celotehan pagi jum’at ini, walau sedikit ga nyambung tapi inilah pemikiran saya pagi ini dengan 2 hal diatas. Semoga bermanfaat
Selamat beraktifitas.
Categorised in: ,

2 Komentar for Hutang-piutang dan Jum’at Berkah

  • blogspot-pro.com berkata:

    Please submit your nice blog to Blogspot-Pro.Com an Indonesian Blog Directory Human Editied and SEO Friendly

  • Anonymous berkata:

    Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Elina Johnson perusahaan pinjaman kita terbatas dalam memberikan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui elinajohnson11@hotmail.com

    PEMOHON DATA:

      1) Nama Lengkap:
      2) Negara:
      3) Alamat: a
      4) Negara:
      5) Sex:
      6) Status Pernikahan:
      7) Pekerjaan:
      8) Nomer Telpon:
      9) Saat ini posisi di tempat kerja:
      10) Pendapatan Bulanan:
      11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
      12) Pinjaman Jangka waktu:
      13) Tujuan Peminjaman:
      14) Agama:
      15) Apakah Anda menerapkan sebelum;
      16) Tanggal lahir;
      terima kasih,
    Mrs Elina Johnson

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *