Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » TIPS - TIPS » Cara Hidup Hemat

Cara Hidup Hemat

(190 Views) Januari 11, 2017 7:43 am | Published by | No comment

Mengatur keuangan buat yang lajang dan mereka yang sudah berkeluarga sudah pasti berbeda. Tapi, gak jarang orang masih menyamakan keduanya.

Berhemat, Sudahkah kamu melakukannya? Baguslah kalau sudah. Tapi sudah cukup belum penghematannya? Kalau masih belum cukup hemat, simak nih cara menghemat keuangan keluarga. Mungkin ada beberapa, atau malah banyak, yang belum kamu coba.

1. Belanja di Pasar Tradisional

Semua orang sudah tahu ya kalau harga bahan pokok di pasar lebih murah ketimbang di supermarket. Padahal di supermarket/minimarket  banyak diskon dari kartu kredit dan promo. Tetap saja kalah hehehe. Gak perlu takut jadi kotor, banyak kok pasar tradisional yang sekarang bersih dan tertata. Gak hanya bahan pokok, baju, kaus kaki dan kebutuhan lain juga bisa dibeli dengan harga lebih murah.

2. Masak Sendiri

Daripada kamu sering makan di luar, mending duitnya dipakai buat beli bahan masakan. Pasti duit yang keluar lebih sedikit. Selain lebih hemat, masak sendiri juga lebih sehat. Garam, gula atau bumbu dapur kering lainnya bisa kita atur sendiri.

3. Jeli dan peka beli bahan

Berkaitan dengan nomor 2, cara menghemat keuangan keluarga gak cukup hanya dengan masak sendiri. Kita juga mesti kreatif di dapur. Dari bahan yang sama, bisa diolah jadi masakan berbeda agar keluarga gak bosan. Jadi, bisa menghemat sekaligus mencegah keluarga makan sendirian di luar dengan alasan bosan masakannnya itu-itu saja.

4. Hilangkan Gengsi

Kalian pasti tahu kalau produk bermerek biasanya punya harga yang berlipat. Misalnya kaus berbahan katun. Harga kaus itu bisa naik drastis ketika ada sablonan nama merek terkenal.

Padahal orang pakai kaus itu yang utama sih kenyamanan bahannya. Kalau mereknya terkenal tapi bahannya kurang nyaman dipakai ya mestinya gak dibeli. Makanya, jangan mengutamakan gengsi. Utamain fungsinya.

Gak perlu malu deh beli barang diskonan. Buang jauh-jauh rasa gengsi beli barang diskon. Yang penting, keuangan terjaga. Malah kita mesti memburu diskon di manapun dan kapanpun. Tongkrongin deh tuh situs-situs online yang ngasih info diskon tiap hari.

5. Minum air sendiri

Kurangi kebiasaan beli air dalam kemasan. Mending masak air sendiri di rumah, biar lebih hemat. Gunakan botol minum yang aman untuk diisi air itu dan dibawa-bawa. Pas di kantor, isi dengan air galon yang tersedia. Hitung deh penghematannya dari cara ini, pasti lumayan banget.

Nah, itu lah  cara menghemat keuangan keluarga yang patut kalian coba. Khusus buat yang hobi ngerokok, ada satu cara tambahan, berhenti merokok ! Selain gak sehat buat kesehatan, ya gak sehat buat kantong juga kan.

Categorised in:

No comment for Cara Hidup Hemat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *