Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » INFO UNIK » Cara Mencegah dan Mengobati Biduran (beliman)

Cara Mencegah dan Mengobati Biduran (beliman)

(905 Views) Januari 11, 2017 1:58 am | Published by | No comment

Biduran yang dalam arti medis disebut urtikaria yakni reaksi dari kulit yang menyebabkan munculnya bilur/bial berwarna merah atau putih dan merasa gatal. Bilur itu awalannya nampak di satu segi tubuh dan selanjutnya menebar. Satu di antara penyebab umumnya yakni alergi. Ukuran dan bentuk bilur/bial juga dapat berbeda.

Ruam pada permasalahan urtikaria atau biduran bakal merasa gatal, tetapi dapatlah merasa perih atau menyengat. Tanda-tanda urtikaria bisa bertahan berjam-jam hingga beberapa hari.

Urtikaria yang berlangsung selama kurang dari enam minggu disebutkan sebagai urtikaria akut atau periode pendek. Namun ada pula permasalahan urtikaria yang bertahan kian lebih enam minggu atau berupa kambuhan sepanjang sebagian bln. atau bahkan juga th.. Kondisi yang tidak sering berlangsung itu dikenal dengan arti urtikaria kritis atau periode panjang.

Urtikaria kritis bisa diambil kesimpulan sebagai tandanya dari penyakit lain yang tengah terkena. Misalnya lantaran penyakit tir0id, diabetes tipe 1 atau lupus.

Biduran atau urtikaria seringkali berjalan pada anak-anak dan wanita pada usia 30-60 th. Selain itu, orang yang memiliki alergi juga lebih berisiko untuk mengalaminya.

Penyebab

Berikut ini yakni banyak hal yang bisa mengakibatkan terjadinya biduran :

• Berlangsung kontak dengan pemicu atau penyebab alergi, misalnya penyedap makanan dan bulu binatang.
• Makanan penyebab biduran yang paling umum yakni kacang, cokelat, makanan laut, telur, gandum, dan susu.
• Nyaris semuanya obat-obatan bisa menyebabkan urtikaria, misalnya antibi0tik, aspirin, obat anti-hipertensi dan ibupr0ne.
• Zat aditif atau bahan penambahan pada makanan seperti pemanis, pengawet, penguat rasa, pewarna, pengental, dan sebagainya.
• Infeksi seperti hepatitis dan demam kelenjar.
• Gigitan serangga
• Segi lingkungan seperti p4janan pada keadaan atau cuaca panas ataupun

dingin, p4janan pada air tertentu, atau bahkan cahaya matahari.
• Stres.
Terkadang kondisi urtikaria kritis tidak di kenali penyebabnya yang tentu. Tetapi sebagian segi dapat menyebabkan timbulnya biduran atau jadi memperburuk gejala yang ada, misalnya minuman mengandung alk0h0l atau minuman berkafein, terasa stres, dan suhu udara yang panas.Penyembuhan

1. Buah Asam serta Temulawak

Sediakan buah asam, 15 gr temulawak, dan gula aren. Rebus semuanya bahan itu kedalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Biarkanlah dingin, lantas saring. Minum ramuan itu untuk mengobati biduran anda. Anda dapat memberikan madu untuk memberi rasa lezat.

2. Bawang Merah serta Daun Kelor

Sediakan bahan berbentuk 3 lembar daun kelor, sebutir bawang merah, dan 2 gr pulosari. Rebus sebagian bahan itu kedalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah disaring, minum ramuan itu 2 kali dalam satu hari.

3. Kunyit serta Sambiloto

Sediakan beberapa bahan berbentuk 10 gr sambiloto, 20 gr kunyit, 30 gr daun kelor, 1 sdm adas, 3 butir bawang merah. Tumbuk hingga halus semuanya bahan tadi sesudah anda mencucinya. Rebus kedalam 600 cc air sampai tersisa sepertiga sisi. Setelah disaring dan dingin, anda bisa minum ramuan itu sejumlah 3 kali sehari.

4. Minyak Kayu Putih serta Zaitun

Sediakan minyak kayu putih, minyak zaitun, serta menthol Kristal semasing sejumlah 1 sdm. Aduk semuanya bahan hingga rata. Gosokkan pada kulit anda untuk menyembuhkan biduran.

5. Jahe serta Cuka Beras Hitam

Sediakan bahan berbentuk 100 cc Cuka Beras hitam, 30 gr jahe, serta gula merah. Tumbuk dahulu jahe sampai halus, setelah itu rebus berbarengan yang lain ke air. Setelah dingin, minum ramuan tradisional itu sejumlah 2 kali dalam sehari.

Mitos penyembuhan
1. Jangan digaruk
Mitos  yang ada disebagian besar masyarakat, bilur/bial yang disebabkan oleh biduran akan bertambah besar dan banyak apabila digaruk, oleh karenanya kepada penderita biduran kalau ada gejala muncul bilur / bial yang tumbuh hanya dipusut-pusut saja.
2. Pukul dengan peci hitam

Sebagian masyarakat khususnya di daerah kalimantan percaya cara mengobati biduran atau dikenal dengan beliman (sebutan dikalimantan) bilur/bial yang muncul tersebut dipukul-pukul dengan peci hitam yang sudah jadul/jelek.

Pencegahan

Jauhi aspek penyebabnya alergi, termasuk sebagian makanan dan penyedap mekanan, obat-obatan dan sebagian kondisi panas atau dingin. Perlakuan pertama jika penyakit biduran ini kambuh janganlah digaruk, kompres hangat untuk menghilangkan gatal.Semogs Bermanfaat

No comment for Cara Mencegah dan Mengobati Biduran (beliman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *